Sabtu, 07 Maret 2015

Rumah Idaman, Rumah Mungil Berukuran 3x9m.

Renovasi Bangunan Rumah Tinggal Seluas 27m2.

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-002

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-001
Bangunan rumah tinggal seluas 27m2 ini berlokasi di jalan sempit di kepadatan kota Ho Chi Minh, Vietnam. Menempati kavling tanah kecil yang hanya berukuran lebar 3m dan panjang 9m. Sebuah bangunan rumah tua yang kemudian direnovasi oleh Tim arsitek A21Studio. Keadaan lingkungan di sekitar rumah ini memang cukup padat, dan sangat minim dengan elemen-elemen vegetasi. Hampir mitip dengan Mishima House di Tokyo, Jepang.

Menjadikan rumah tinggal ini lebih nyaman dan asri menjadi tujuan yang utama dalam merencanakan  renovasi bangunan  rumah tinggal seluas 27m2 ini, seperti meningkatkan kwalitas zona privasi, menciptkaan zona-zona vegetasi atau penghijauan, serta mereduksi kebisingan yang datang dari luar. Konsep fasad bangunan dengan kisi-kisi vertikal dari bahan kayu menjadi  elemen yang tampil lebih menonjol dan menarik dan tetap bersinergi dengan elemen fasad bangunan lainnya yang ada di lingkungan tersebut. Sekaligus memberikan tempat bagi beberapa elemen penghijauan yang muncul di antara jarak kisi-kisi kayu pada fasad bangunan.


renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-003
Lantai dasar bangunan rumah tinggal ini tampil lebih terbuka dan menerus hingga area makan dan dapur yang berada di sisi belakang rumah, menghasilkan visual dengan kesan luas yang maksimal. Konsep bentuk garis-garis vertikal kembali terulang pada desain pintu utama rumah, dan kisi-kisi pada tangga yang difinish cat berwarna putih, sementara itu,  hijaunya pohon belimbing yang menjulang tinggi hingga melampaui bilah-bilah lantai kayu solid yang berada di lantai atas, menembus pola-pola struktur besi yang menopang lantai atas, hadir menjadi elemen pemisah antara area pintu masuk dan ruang duduk, sekaligus menambah kesegaran sirkulasi udara yang mengalir ke setiap sudut ruang dalam rumah mungil ini.

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-004
Di lantai dua, area ruang tidur utama dan kamar mandi yang juga sebagai area servis dipisahkan oleh sebuah jembatan yang terbuat dari bilah-bilah lantai kayu solid dengan finishing natural, dimana setiap jarak bilah kayu diberi celah yang memberi peluang pada cahaya matahari dan aliran udara untuk dapat menerus ke lantai dasar. Tim arsitek A21Studio sangat jeli terhadap suplai cahaya dan udara di rumah ini, terutama di lantai dasar utama yang hanya mengandalkan pintu masuk utama. Desain tangga-pun dibuat sangat simpel, hanya berupa anak tangga yang menggantung pada kisi-kisi besi berwarna putih, sementara di sisi lain, setiap anak tangga bertumpu pada dinding rumah pembatas kavling.

Warna berikut pola bergaris bata merah pada dinding menjadi elemen yang dominan di rumah ini, mempertegas luasan ruang secara vertikal hingga atap skylight, serta menyatukan semua elemen bangunan rumah tinggal ini menjadi satu kesatuan desain yang indah, dan skylight di atap bangunan rumah, menghantarkan kehangatan pencahayaan alami masuk ke setiap sudut ruang di dalam rumah,  menebarkan kwalitas pencahayaan yang maksimal di pagi hingga sore hari, menjadikan rumah mungil ini  sebagai bangunanrumah tinggal idaman yang menyenangkan, walaupun hanya berupa rumah berukuran 3x9m.

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-005

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-006

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-007

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-008

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-009

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-010

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-011

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-012

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-013

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-014

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-016

renovasi-bangunan-rumah-tinggal-idaman-mungil-luas 27m2-desain ruang dan rumahku-015

Architects: a21 studio – Hiệp Hòa Nguyễn, Nhơn Quí Nguyễn
Location: Ho Chi Minh, Vietnam
Sources : smallhousebliss.com, archDaily.com
Photo Images Courtesy : Hiroyuki Oki