Jumat, 13 Maret 2015

Flow Hive, Cara Baru Memanen Madu.

Inovasi Baru Dalam Proses Memanen Sari Madu Pada Sarang Lebah.

inovasi-baru-proses-ekstrasi-sari-madu-sarang-lebah-desain-ruang dan rumahku-001

inovasi-baru-proses-ekstrasi-sari-madu-sarang-lebah-desain-ruang dan rumahku-002
Flow Hive, merupakan alat yang dirancang khusus untuk mempermudah proses memanen sari madu pada sarang lebah tanpa harus membuka sarang dan mengganggu lebah karena harus mengeluarkan frame-frame dari sarang lebah seperti yang umum dilakukan pada proses ekstrasi konvensional. Selama hampir satu dekade  terakhir pasangan Ayah dan anak, Stuart dan Cedar Anderson melakukan beberapa percobaan untuk mempersingkat dan terutama menghilangkan proses ekstrasi sari madu dengan mengeluarkan frame pada  sarang lebah.


inovasi-baru-proses-ekstrasi-sari-madu-sarang-lebah-desain-ruang dan rumahku-003
Alhasil sebuah inovasi baru dalam proses  memanen sari madu pada sarang lebah ditemukan.Proses kerja alat ini sangat menguntungkan kedua pihak (lebah dan pemanen) terutama karena pemanen lebah tidak harus mengeluarkan frame demi frame dari sarang lebah, dimana biasanya aktivitas lebah kemungkinan akan terhenti ataupun terganggu. Flow hive juga mereduksi waktu lebih singkat yang dibutuhkan dalam proses memanen madu. Lalu bagaimana cara bekerja Flow Hive ?

Boks pembungkus flow hive dapat berbentuk seperti boks yang digunakan pada cara memanen madu konvensional, dapat juga berupa bentuk rumah seperti pada contoh gambar di bawah ini. Di dalam boks ini lebah berproses memproduksi sari madu seperti biasa, dimana proses ini dapat dipantau dari sebuah lubang.

inovasi-baru-proses-ekstrasi-sari-madu-sarang-lebah-desain-ruang dan rumahku-004
Saat proses memanen madu sudah tiba, jalur-jalur yang sudah terisi oleh sari madu pada frame-frame yang tersedia akan diputar 90° oleh sebuah alat, dimana seluruh sari madu akan diarahkan turun menuju jalur-jalur yang sudah dihubungkan oleh sebuah kran untuk kemudian dimasukkan ke dalam tempat-tempat penyimpanan yang tersedia. Keseluruhan proses ini dilakukan tanpa mengganggu aktivitas lebah dengan megeluarkan frame-frame yang ada seperti yang dilakukan pada proses  memanen sari madu konvensional. Lihat juga videonya di sini.

inovasi-baru-proses-ekstrasi-sari-madu-sarang-lebah-desain-ruang dan rumahku-005

Image Photos : indiegogo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar