Minggu, 22 Maret 2015

Desain Shelter Dari Kembang Hydrangea.

Ide dan Inspirasi Hydrangea Pada Desain Ruang Komunal “City Of Dreams”  Di New York.

ide-inspirasi-desain-shelter-kembang-hydrangea-ruang-komunal-city of dreams-new york-001
Ruang komunal “City Of Dreams” New York.

Pada tahun 2010, ide dan inspirasi hydrangea pada desain ruang komunal “City Of Dreams” di New York  tampil sebagai pemenang. Merupakan desain shelter dari buah karya, Izaskun Chinchilla, seorang arsitek dari Spanyol yang memenangkan sayembara yang digelar oleh institusi Nirlaba, FIGMENT  yang berkeja sama dengan New York Architects Committee, and Structural Engineers Association of New York. “City Of Dreams” merupakan thema yang diusung untuk membangun sebuah ruang komunal terbuka sebagai fasilitas interaksi sosial masyarakat di Governors Island, New York.

Sekilas Kembang Hydrangea. 

ide-inspirasi-desain-shelter-kembang-hydrangea-ruang-komunal-city of dreams-new york-003a
Secara umum, struktur organik kembang memiliki kemampuan yang baik dalam merespon lingkungan alam, selalu mencari cara untuk tumbuh, bertahan dan berkembang, serta selalu tetap pada keseimbangan yang konstan terhadap alam walaupun pada kondisi yang buruk. Hydrangea/Hortensia merupakan nama genus dari sekitar 75 spesies tumbuhan berbunga. Salah satu yang kita kenal dari jenis ini adalah kembang bokor, atau dalam bahasa melayu bunga tiga bulan, merupakan tanaman semak yang dapat tumbuh hingga ketinggian 1-3 meter, bahkan hingga 30 meter apabila merambat pada tanaman lain.

Desain Inovatif Dari Kembang Hydrangea.

ide-inspirasi-desain-shelter-kembang-hydrangea-ruang-komunal-city of dreams-new york-003
Ide dan inspirasi kembang Hydrangea menghasilkan sebuah karya desain shelter  yang dimenangkan Izaskun Chincilla bersama timnya pada sayembara “City Of Dreams”  Di New York. Desain proposal mereka adalah membentuk sebuah area komunal berupa shelter yang dapat berfungsi melindungi aktivitas-aktivitas masyarakat pada area terbuka, seperti bersosialisasi, belajar, mengadakan pertunjukan-pertunjukan, kuliah, dan berbagai aktivitas lainnya. Struktur organik kembang Hydrangea menjadi inspirasi desain dalam proposal desain mereka, Berupa sebuah desain yang praktis dan fleksibel, dengan pengembangan pola-pola bentuk yang selalu adaptif, yang dapat merespon beragam aktivitas dan kondisi masyarakat, maupun kondisi lingkungan alam, dimana shelter akan ditempatkan, layaknya tumbuh kembangnya struktur organik kembang hydrangea.

Desain Shelter Dari Bahan Daur Ulang.

ide-inspirasi-desain-shelter-kembang-hydrangea-ruang-komunal-city of dreams-new york-004
Desain shelter sendiri merupakan beberapa kubah besar yang terbentuk dari kubah-kubah kecil yang terbuat dari payung-payung. Struktur-struktur kubah didesain dengan menggunakan tripod-tripod kamera yang terikat satu dengan lainnya, dimana dapat membentuk dan mengembangkan pola-pola kubah yang beragam secara vertikal maupun horisontal, sesuai kebutuhan yang diinginkan. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan daur ulang ataupun bahan-bahan yang sudah banyak tersedia dan akrab dengan digunakan masyarakat, seperti payung, tripod kamera, velg ban mobil dan sepeda.

Ide dan inspirasi hydrangea pada desain ruang komunalCity Of Dreams”  di New York, merupakan salah satu jawaban atau solusi desain yang dikembangkan  Izaskun Chincilla bersama timnya, dalam merespon tuntutan kebutuhan ruang dan aktivitas masyarakat yang selalu berkembang dari waktu ke waktu, dan perkembangan solusi-solusi desain akan selalu dinanti kehadirannya, serta diharapkan mampu secara konstan beradaptasi terhadap perubahan-perubahan sosial dan ekonomi, maupun dinamika ekologi secara alami.

ide-inspirasi-desain-shelter-kembang-hydrangea-ruang-komunal-city of dreams-new york-002

ide-inspirasi-desain-shelter-kembang-hydrangea-ruang-komunal-city of dreams-new york-005
ide-inspirasi-desain-shelter-kembang-hydrangea-ruang-komunal-city of dreams-new york-006
ide-inspirasi-desain-shelter-kembang-hydrangea
ide-inspirasi-desain-shelter-kembang-hydrangea-ruang-komunal-city of dreams-new york-009
ide-inspirasi-desain-shelter-kembang-hydrangea-ruang-komunal-city of dreams-new york-010
ide-inspirasi-desain-shelter-kembang-hydrangea-ruang-komunal-city of dreams-new york-011
ide-inspirasi-desain-shelter-kembang-hydrangea-ruang-komunal-city of dreams-new york-012
Izaskun Chinchilla bersama sang anak.
Source  :  designboom.com
Image Photos : Izaskun Chinchilla