Senin, 30 Maret 2015

Unsur Alami Pada Desain Rumah.

Konsep “Green fall” Nan Segar dan Asri Pada Desain Fasad Rumah.


Green-Renovation-Vo-Trong-Nghia-Habitus-Living-001a

Desain Fasad Rumah.

konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-001
Konsep desainGreen fall” pada desain fasad rumah menjadi solusi desain dari tim arsitek Vo Trong Nghia ketika merenovasi sebuah rumah di Hanoi. Rumah ini terletak di Hoàn Kiếm District, sebuah daerah yang padat penduduk di pusat kota Hanoi, Vietnam. Penghuni rumah sudah tinggal selama 15 tahun  di daerah yang pertumbuhan kepadatan penduduknya termasuk sangat cepat. Minimnya penghijauan, gangguan polusi udara dan suara di daerah tersebut menjadi salah satu perhatian utama penghuni rumah dan tim arsitek Vo Trong Nghia dalam merenovasi rumah ini.

konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-002
Desain fasad rumah ini awalnya memang sangat tertutup. Pencahayaan dan penghawaan alami hanya mengandalkan beberapa jendela yang tidak memberikan suplai yang maksimal ke dalam ruang, sementara udara panas di lingkungan sekitar juga memberikan dampak yang kurang baik, karena semakin meningkatnya kepadatan di daerah tersebut serta minimnya elemen-elemen penghijauan di daerah itu, sehingga mengakibatkan pemborosan dalam penggunaan sistem penghawaan buatan / AC. Untuk itu, desain rumah ini membutuhkan unsur-unsur alami masuk dan menjadi bagian dari desain rumah ini, seperti menyediakan ruang-ruang terbuka dengan elemen-elemen vegetasi/penghijauan yang cukup guna memberikan peluang lebih besar cahaya alami masuk ke dalam rumah, serta memperbaiki aliran sirkulasi udara alami.

konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-005


Konsep Desain FasadGreen fall

konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-003
Untuk mengantisipasi dan mereduksi dampak buruk berupa polusi udara, suara dan debu  yang datang dari luar, tim arsitek Vo Trong Nghia merubah total tampak depan dan samping rumah dengan membuat sebuah konsep desainGreen fall” pada desain fasad rumah, atau air terjun hijau ( elemen vegetasi) yang berfungsi sebagai buffer.  Desain ini terbentuk oleh teralis-teralis dari bahan baja galvanis yang berfungsi menjadi tempat merambat tanaman mulai dari lantai dasar hingga lantai atap. Sementara, antara teralis dan dinding rumah didesain balkon yang menerus mengelilingi dinding rumah yang juga berfungsi sebagai area penghijauan. Desain elemen vegetasi yang vertikal ini diselesaikan atau diakhiri dengan sebuah green roof top, yaitu sebuah taman terbuka yang berada di lantai atap bangunan rumah tinggal ini.

Desain Void Dalam Rumah.

konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-004
Konsep desain rumah hijau dari Tim arsitek Vo Trong Nghia tidak hanya diselesaikan melalui desain fasad rumah saja, beberapa area void didesain guna memaksimalkan pencahayaan dan penghawaan alami mengalir ke seluruh bagian dalam rumah. Void yang pertama berada tepat di atas ruang makan di lantai dasar, dan yang kedua, memanfaatkan ruang taman di sebelah area tangga. Hadirnya  beberapa area void ini akan menghasilkan pencahayaan alami yang dapat menerangi ruang-ruang dalam rumah, serta mengalirkan udara alami ke ruang-ruang dalam rumah. Alhasil, keberadaan beberapa void ini dapat mereduksi penggunaan energi cahaya dan udara di siang hari, serta menghadirkan kesegaran alami pada setiap ruang.

Unsur Alami Pada Desain Rumah.


konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-008
Desain bangunan rumah tinggal dengan luas 387m2 ini terdiri dari empat lantai. Lantai dasar menampung area parkir dan taman, ruang duduk/keluarga, ruang makan, dapur, dan toilet. Sementara di lantai satu adalah dua buah ruang tidur, ruang belajar, kamar mandi, dan empat area void. Lantai dua hampir sama dengan lantai satu, hanya pada lantai dua terdapat sebuah ruang untuk beribadah. Untuk lantai tiga atau area lantai atap didesain sebuah taman dan teras terbuka, serta gudang dan ruang genset.

Unsur alami pada desain rumah tinggal ini hadir dominan tidak hanya pada desain fasad rumah, namun juga hadir pada desain ruang-ruang dalam rumah. Unsur-unsur alami, seperti penghijauan dan dinding batu alam di area tangga maupun beberapa taman yang hadir di rumah ini menciptakkan suasana alami nan segar dan asri pada desain interior rumah ini. Sementara unsur alami dari bahan kayu pada lantai parket, desain furniture dan desain ceiling menjadi elemen yang dominan pada interior rumah ini, menghadirkan kehangatan suasana bagi keluarga penghuni rumah, rumah idaman tempat melepas lelah dari rutinitas sehari-hari di luar rumah, melengkapi dan menyatukan secara visual maupun fungsional dari konsepGreen fallnan segar dan asri pada desain fasad rumah.

konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-009
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-010
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-011
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-012
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-006
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-007
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-013
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-014
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-015
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-016
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-017
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-018
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-019
konsep-green fall-unsur-alami-segar-dan-asri-pada-desain-fasad-rumah-ruang dan rumahku-020


Architect: Vo Trong Nghia Architects
Location: Hanoi, Hoàn Kiếm District, Hanoi, Vietnam
Architect In Charge: Vo Trong Nghia, Takashi Niwa, Tran Thi Hang
Project Architects: Ngo Thuy Duong, An Viet Dung

Source :  designboom.com, habitusliving.com
Image Photos Courtesy : Vo Trong Nghia Architects & Hiroyuki Oki.