Selasa, 10 Maret 2015

Keindahan Di Balik Struktur Konstruksi Baja

Rumah Mungil yang Segar dan Asri.

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-001

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-002
Memasuki halaman rumah mungil ini, pemandangan segar, asri dan teduh terpampang di depan mata. Rumah ini memang menyimpan banyak keindahan dibalik struktur konstruksi baja  yang mendominasi fasadputih bangunannya. Kemanapun mata memandang, hijaunya taman dan pepohonan yang segar dan asri selalu hadir di setiap sudut ruang. Belum lagi decorative tiles berukuran 20x20cm menghias seluruh lantai dengan beragam motif dipasang dengan pola tak beraturan menerus hingga ke meja dapur, sementara gaya furniture sekitar tahun 50-60an menjadi pasangan dan kombinasi yang pas dan menarik. Sebuah keindahan rumah mungil yang segar dan asri tersimpan di balik struktur konstruksi baja.


Keseluruhan lantai dasar rumah mungil ini difungsikan sebagai ruang duduk/keluarga yang menjadi satu area dengan ruang makan dan dapur. Sedangkan dua buah ruang tidur dan kamar mandi menempati area di lantai atas. Interior rumah ini tampil sederhana dan bersahaja, namun tetap menarik. Terlebih dengan kehadiran bentuk-bentuk pintu dan jendela jalusi, serta teralis besi dengan kombinasi warna-warna primer membuat ruang-ruang di rumah ini terlihat lebih semarak diantara kesederhanaannya.

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-003
Rumah mungil ini menempati lahan seluas 40m2 di pinggiran kota Thuận An, Vietnam, rumah ini hampir keseluruhannya dibangun dengan menggunakan struktur konstruksi baja dan metal dan kawat galvaniz, dengan finishing painted gloss berwarna putih. Didesain oleh tim arsitek a21Studio, baca juga artikel “RumahIdaman, Rumah Mungil Berukuran 3x9m”.  

Desain tapak bangunan rumah yang  terbuat dari struktur konstruksi baja bercat putih menjadi rumah ini tampil berbeda dengan rumah-rumah disekelilingnya. Hijau dedaunan yang merambat di antara struktur baja menjadi unsur alami yang turut menambah kesegaran di lingkungan sekitar yang memang terlihat gersang, minim penghijauan, dan rumah mungil yang segar dan asri ini memang hadir menjadi penyegar di jalan itu. 

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-004

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-005

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-006

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-007

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-008

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-009

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-010

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-011

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-012

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-013

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-014

rumah-mungil-yang-segar-dan-asri-desain-ruang dan rumahku-015

Architect : a21Studio
Image Photos Courtesy : Hiroyuki Oki.