Minggu, 22 Maret 2015

Desain Modern, Kompak Dan Murah.

Desain Bangunan Rumah Sederhana, Kompak Dan Murah.

desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-001

Eksplorasi Dinding Bata Beton.

Desain bangunan rumah sederhana, kompak dan murah menjadi karakteristik rumah tinggal ini. Didesain oleh tim arsitek SUB. Studio for visionary design. Tampilan dinding bata beton pada desain rumah ini mendominasi  ke setiap bagian rumah ini, menjadi elemen utama pada dinding-dinding rumah, tak terkecuali itu, dinding-dinding bata beton inipun dibiarkan terekspos apa adanya, tanpa dicat. Menampilkan karakteristik material dan elemen-elemen struktur sebagai bagian dari  elemen fisik bangunan yang juga dapat memberikan keindahan visual pada desain rumah ini. Seperti yang terlihat pada jarak susunan beberapa dinding bata beton dengan ukuran modul 20 x 20cm pada bagian depan rumah yang dibuat berongga.


desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-002

Membangun Rumah Murah.

desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-003
Penggunaan dinding bata beton pada desain rumah ini memang menjadi salah satu upaya dalam menghemat biaya yang dikeluarkan. Dengan menggunakan dinding bata beton, pemasangan dinding-dinding bangunan rumah menjadi lebih cepat, karakteristik bahan yang kuat dan rata, serta sistem interlok yang dimilikinya, menjadikan pemasangannyapun lebih mudah, sehingga menghemat jangka waktu pembangunan yang berarti pula penghematan ongkos tukang.

Begitu pula dengan pemanfaatan bahan-bahan bangunan yang didaur ulang, dengan pengerjaan dan pemilihan bahan yang tepat, bahan-bahan bangunan yang didaur ulang tetap dapat memberikan dampak visual yang baik pada bangunan, seperti bahan-bahan kayu pada kusen-kusen yang digunakan di rumah ini. Penghematan biaya dalam membangun rumah ini memang menjadi perhatian utama, namun tetap menjaga kwalitas bahan dan konstruksi bangunan.  

Desain Interior Rumah.

desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-004
Desain interior rumah inipun tampil sederhana dan bersahaja, namun kesan luas segera terlihat pada interior rumah yang hanya memanfaatkan 70m2 luas lantai bangunan dari luas kavling tanah seluas 108m2 yang melebar ke arah samping. Ruang-ruang yang bersifat privat, seperti ruang tidur dan kamar mandi, serta ruang tidur pembantu, ruang cuci dan dapur ditempatkan pada sisi kanan dan kiri, dimana desain ruang dapur berikut pantry dibuat tanpa pembatas dinding, menyatu dengan ruang keluarga.

Penataan zoning ini menjadikan ruang keluarga terasa lebih luas, terlebih lagi dengan keberadaan teras depan yang ditutup oleh atap yang transparan, serta kombinasi dinding bata beton dengan elemen vegetasi berupa tanaman rambat memungkinkan privasi aktivitas keluarga tetap terjaga, terlindung dari hujan, mereduksi polusi suara,  dan menambah luasan ruang untuk aktivitas keluarga. Pintu-pintu dengan bidang-bidang kaca yang lebar dengan sistem folding dan engsel pivot yang dapat dibuka dengan maksimal, selain dapat memberikan efek luas terhadap ruang, juga menjadikan pencahayaan alami dan sirkulasi udara masuk ke dalam rumah secara maksimal.
desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-005


Desain Modern dan Kompak.

desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-006
Desain modern dan kompak di rumah ini tercermin melalui pemanfaatan dan penataan ruang-ruang yang maksimal, penggunaan elemen-elemen bangunan serta furniture yang simpel efisien dan praktis. Pembatas partisi di ruang tidur anak, didesain menggunakan engsel pivot sehingga bila dibutuhkan luasan ruang yang lebih besar partisi ini dapat dibuka. Di sisi lain, ketinggian plafon didesain dengan mengikuti kemiringan atap bangunan rumah, dan pada level tertinggi plafon memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan yang dapat dicapai melalui tangga lipat di ruang tidur utama, sekaligus memanfaatkan level tertinggi plafon sebagai area yang dapat memaksimalkan pencahayaan dan penghawaan alami.

desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang-dan-rumahku-006
Di ruang tidur utama, pintu kamar mandi didesain menjadi bagian dari lemari pakaian yang didesain built-in pada dinding ruang, begitu pula meja makan di ruang dapur didesain dengan sangat kompak, kaki meja makan ini dapat dilipat, dan permukaan meja dapat diputar masuk ke dalam kitchen set cabinet. Sebuah solusi desain sederhana dan praktis dalam mengefisiensikan ruang berikut perlengkapannya hingga menghasilkan desainbangunan rumah sederhana, kompak dan murah.

desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-007
desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-008
desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-009
desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-010
desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-011
desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-012
desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-013
desain-bangunan-rumah-sederhana-modern-kompak-murah-ruang dan rumahku-014

Source : ArchDaily
Architect : Wiyoga Nurdiansyah/SUB. Studio for visionary design
Image Photos : Muhammad Sagitha.