Minggu, 08 Maret 2015

Desain Rumah Dengan Satu Dinding.

Cristian Kerez Hanya Butuh Satu Layer Dinding Untuk Membangun Rumah Ini.

cristian kerez hanya butuh satu layer dinding desain ruang dan rumah-001

cristian kerez hanya butuh satu layer dinding desain ruang dan rumah-002
Cristian Kerez, seorang arsitek berkebangsaan Swiss menyelesaikan sebuah desainnya, berupa desain rumah dengan satu dinding  yang lokasinya terletak di Witikon, Zurich, Switzerland. Desain rumah ini memang sedikit unik, karena terlihat seperti hanya disangga oleh satu layer dinding..Benarkah??..                                   
Konsep dasar dari desain bangunan rumah tinggal ini adalah membagi atau membelah bangunan rumah tinggal ini menjadi dua zona secara masif oleh sebuah dinding di tengah bangunan rumah, karena memang rumah ini didesain untuk memenuhi kebutuhan dua keluarga. Jadi memang Cristian Kerez hanya butuh satu layer dinding untuk membangun rumah ini

cristian-kerez-hanya-butuh-satu-layer-dinding-desain-ruang-dan-rumah-003
Selanjutnya, karena kebutuhan akan ruang, berikut luasannya untuk masing-masing keluarga ini berbeda, dan masing-masing keluarga juga memiliki kebutuhan ruang dan besaran ruang yang berbeda di masing-masing lantai yang mereka miliki, maka  Cristian Kerez mengembangkan lagi konsep dasarnya dengan sebuah ide, yaitu dengan melipat-lipat atau membuat zig-zag struktur dinding yang membagi dua rumah ini.

Seperti layaknya merobek dan melipat selembar  kertas dengan lipatan-lipatan yang berbeda secara vertikal maupun horisontal, Cristian Kerez pun melakukannya pada struktur dinding yang membagi rumah ini sesuai dengan kebutuhan dan besaran ruang, serta pembagian zonasi dan program ruang sesuai kebutuhan masing-masing keluarga dan pada masing-masing lantai, sekaligus termasuk menyesuaikan dengan fungsi-fungsi struktur bangunan rumah tinggal ini. Alhasil adalah sebuah dinding dengan lipatan-lipatan yang berbeda antara satu lantai dengan lantai berikutnya. Seperti yang dapat dilihat dari gambar denah di bawah ini.
cristian-kerez-hanya-butuh-satu-layer-dinding-desain-ruang-dan-rumah-004

Konsep dasar dan ide desain rumah dengan satu dinding ini menjadi tampil semakin kuat, ketika Cristian Kerez membungkus keseluruhan fasad bangunan rumah tinggal ini dengan bidang-bidang transparan yang terbuat dari kaca sehingga menghasilkan sebuah visual yang kuat bahwa rumah tinggal ini  hanya disupport oleh satu layer dinding ditengahnya. Jadi.. Cristian Kerez hanya butuh satu layer dinding untuk membangun rumah ini.

cristian kerez hanya butuh satu layer dinding desain ruang dan rumah-005

cristian kerez hanya butuh satu layer dinding desain ruang dan rumah-006

cristian kerez hanya butuh satu layer dinding desain ruang dan rumah-007

cristian kerez hanya butuh satu layer dinding desain ruang dan rumah-008

cristian kerez hanya butuh satu layer dinding desain ruang dan rumah-009

cristian kerez hanya butuh satu layer dinding desain ruang dan rumah-010

Architects: Christian Kerez
Location: Witikon, Zurich, Switzerland
Year: 2007
Photographs: Walter Mair
Project Team: Jürg Keller, Andreas Skambas, Fumiko Takahama, Ute Burdelski, Ryuichi Inamochi
Structural Engineer: Schwartz Consulting AG, Zug, Joseph Schwartz
Facade: Krapf AG, St-Gallen
Construction Management: BGS, Rapperswil
Source : archDaily.com