Minggu, 01 September 2013

Menempatkan Warna Kontras

Fungsi dan Keindahan-Menempatkan Warna Kontras Dalam Ruang



Menempatkan warna kontras dalam ruang merupakan salah satu kiat bagi kita dalam membangun suasana di dalam ruang. Warna kontras sendiri umumnya merupakan perpaduan yang didapat dari perbandingan intensitas antara sifat dan karakter warna yang berbeda, seperti warna panas dengan warna dingin, warna berat dengan warna ringan, atau warna gelap dengan warna terang. Perbandingan intensitas antara satu atau beberapa warna memang menjadi kunci untuk memunculkan warna yang kontras.
menempatkan-warna-kontras-dalam-ruang


Sebagai bagian dari suatu proses perancangan ruang, menempatkan warna kontras dalam ruang tidak hanya merujuk pada tujuan tercapainya suasana ruang secara estetika, namun juga tujuan pencapaian ruang secara fungsional, dengan kata lain keberadaan warna kontras akan memiliki fungsi-fungsi tertentu dalam ruang, karena memang tuntutan fungsi menjadi sebuah pakem dalam desain ( applied art/seni pakai  ), dinikmati keindahan dan kegunaannya, terutama sekali pada interior ruang publik dan komersial. Sedikit gambaran, beberapa fungsi yang mungkin bisa penulis sampaikan :

Dari segi estetika, menempatkan warna kontras dalam ruang dapat berfungsi untuk lebih menegaskan estetika obyek tertentu, seperti menggunakan warna-warna kontras pada beberapa obyek pada sebuah furniture yang memang ingin ditonjolkan keberadaannya sebagai daya tarik utama ataupun sebagai aksen dalam ruang. Komposisi warna yang mungkin monoton juga dapat dibuat lebih atraktif dengan hadirnya warna-warna kontras.
menempatkan-warna-kontras-dalam-ruang

Warna yang kontras dapat pula kita gunakan untuk membedakan atau menunjukkan keberadaan sebuah zona ruang yang memiliki fungsi yang sama ataupun berbeda, sebagai contoh dalam bangunanrumah tinggal, seperti memberikan perbedaan warna lantai pada ruang keluarga dengan ruang makan, ruang tamu dengan ruang keluarga, ruang makan dengan area pantry/ruang dapur. Dapat juga dengan memberikan border atau semacam garis batas yang mengelilingi pada lantai di salah satu zona ruang.
menempatkan-warna-kontras-dalam-ruang
menempatkan-warna-kontras-dalam-ruang

Menempatkan warna kontras dalam ruang juga dapat berfungsi untuk mempertegas sebuah alur sirkulasi dalam ruang, seperti dengan memberikan warna kontras pada perulangan bentuk pada lantai dalam sebuah koridor atau gang. Ini akan membantu dalam mengarahkan orientasi, terutama pada ruang-ruang pada bangunan komersial atau publik, seperti yang terlihat dalam gambar di bawah ini.
menempatkan-warna-kontras-dalam-ruang
menempatkan-warna-kontras-dalam-ruang

Menempatkan warna kontras dalam ruang juga berfungsi untuk mengalihkan perhatian pandangan dari zona-zona ruang atau area yang bersifat private. apabila perbedaan jenis aktifitas-aktifitas pada ruang makan, ruang TV, dan ruang tamu akan menjadi satu zone area, karena lahan rumah yang terbatas atau memang ingin diciptakan ruang-ruang tanpa batas. Kita dapat menempatkan obyek-obyek atau merancang ruang yang memiliki intensitas warna yang lebih kuat

menempatkan-warna-kontras-dalam-ruang
Menempatkan warna kontras dalam ruang dapat berfungsi pula sebagai bagian dari fungsi keamanan dalam sebuah ruang, seperti memberikan perbedaan warna yang kontras di setiap ujung anak tangga. Secara visual akan menarik perhatian mata kita untuk memperhatikan anak tangga.

Manfaat lain dalam menempatkan warna kontras dalam ruang yang mungkin seringkali lita lihat adalah perlengkapan pemadam kebakaran seperti box hydran pada ruang-ruang publik. Warna merah menyala dari box hydran yang kontras dengan warna lainnya berfungsi untuk membantu kita agar segera mengetahui keberadaan alat tersebut dalam ruang.

Masih banyak lagi tentunya beragam fungsi dan keindahan dari menempatkanwarna kontras dalam ruang, semoga dapat penulis hadirkan di kesempatan-kesempatan yang akan datang pada artikel-artikel  lainnya di blog Desain Ruang dan Rumahku. Terima kasih atas kunjungannya, sampai berjumpa di artikel-artikel berikutnya…
menempatkan-warna-kontras-dalam-ruang
menempatkan-warna-kontras-dalam-ruang

Sumber Gambar :
www.visionaware.org
www.mbds.com
www.blog.arizonatile.com
www.lifemartini.com
www.buildings.com
www.interiordesignprinciples.blogspot.com