Senin, 24 Juni 2013

Desain Rumah Kos Bertema Galeri

Desain Rumah Kos Bertema Galeri

Desain Fasade
Berbagai ragam bentuk dan desain rumah kos semakin marak hadir di banyak kota besar di tanah air, sejalan dengan makin berkembangnya kebutuhan akan rumah kos itu sendiri, terutama bagi mereka, para pekerja yang masih hidup sendiri, maupun bagi pasangan-pasangan muda yang sudah berumah tangga. Berbagai sarana tempat tinggal, dari rumah kontrakan, rumah petak hingga bangunan tempat tinggal bertingkat yang menyediakan ruang-ruang sewa berikut pelayanannya, dengan fasilitas dan harga sewa yang beragam, dari luasan lahan yang kecil sampai dengan yang berlahan luas/besar, dari yang hanya sekedar kamar hingga yang menyediakan fasilitas lengkap.

Desain rumah kospun berkembang dengan berbagai fasilitas guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya. Berbagai tipe kamarpun ditawarkan, mulai dari kamar yang kecil untuk penghuni satu orang hingga kamar-kamar yang besar bagi pasangan suami-istri. Fasilitas dalam kamarpun, tak ubahnya sebuah hotel, lengkap dengan TV, kulkas, wifi, dan lain sebagainya.
Interior Rumah Kos

Dari segi fasilitas dan kebutuhan, sebenarnya desain rumah kos tidak berbeda jauh dengan sebuah hotel ataupun rumah tinggal biasa. Keberadaan ruang-ruang hunian tetap pada zona private, selanjutnya ruang makan, ruang duduk/santai, lobby, mini market ditempatkan pada zona public, kemudian dapur atau pantry, gudang, serta area pendukung lainnya pada zona servis.


Dalam artikel di blog Desain Ruang dan Rumahku kali ini, penulis ingin mengetengahkan desain rumah kos bertema galeri. Rumah kos ini terletak di bilangan daerah Jakarta selatan, berada di jalan utama dengan pohon-pohon besar yang rimbun. Suasana asri disekitar rumah kos masih menyisakan banyak ruang terbuka hijau. Dari segi fasade bangunan, desain rumah kos ini dirancang dengan memberikan batas-batas bangunan yang tidak massif, seperti adanya bidang-bidang kaca yang tinggi dan lebar yang berada simetris di tengah membagi dua masa yang sama besar di bagian kanan dan kirinya.
Rumah Kos
Rumah Kos

Dengan keberadaan kaca-kaca tersebut desain rumah kos bertema galeri ini memang menjadi terlihat lebih terbuka terhadap lingkungan luar, area komunal yang berada di tengah bangunan di antara ruang-ruang hunian menjadi terasa lebih luas, tangga putar yang berada di tengah menjadi daya tarik tersendiri pada area ini, ditambah pula dengan keberadaan skylight yang tepat berada di atasnya. Keberadaan skylight tersebut juga dirancang dengan kombinasi kisi-kisi yang menjadikan udara luar dapat masuk ke dalam area komunal atau area bersama yang terdiri dari Lobby, Mini market/reception, Ruang Duduk/santai dan pantry.
Interior Rumah Kos

Konsep fasade desain rumah kos ini juga untuk mereduksi kesan massif yang akan mendominasi fasade, ini atas dasar pertimbangan untuk menyesuaikan dengan keberadaan bangunan-bangunan disekitarnya dan mencoba untuk menyesuaikan dengan ruang terbuka hijau yang berada berseberangan. Ada semburat gaya klasik yan dimunculkan memang,  tampil di fasade bangunan, dengan jendela-jendela tinggi dengan pola kotak dan garis-garis profil yang
Interior Rumah
melintas horizontal, diperkuat dengan adanya kanopi di atas bangunan, yang memunculkan susunan kepala, badan dan kaki pada fasade bangunan.

Tema galeri dari desain rumah kos ini muncul  dari keberadaan dinding-dinding artwork berwarna coklat tua yang menjadi tempat elemen-elemen dekorasi seperti lukisan, wall artwork, dipertegas dengan pencahayaan continous light di bagian atas dan bawah.
desain ruang tidur
Tema galeri ini sekaligus untuk menghilangkan kesunyian dan ruang yang monoton yang umumnya terjadi di area-area sepanjang koridor. Koridor tidak lagi hanya sebagai tempat sirkulasi yang sekedar dilewati penghuni, namun juga tempat yang dapat dinikmati keberadaannya.

Di area Lobby, terdapat counter penerima tamu yang berfungsi juga sebagai minimarket yang menyediakan kebutuhan sehari-hari penghuni, serta pada area duduk dilengkapi oleh dua sofa dengan dua coffee table berbentuk bidang tak beraturan dimana masing-masing meja memiliki ketinggian yang berbeda. Antara tangga putar dan area duduk dibatasi oleh TV Cabinet dengan ambalan-ambalan terbuka yang dapat menjadi tempat hiasan dekoratif yang dapat dinikmati dari dua sisi. Area duduk juga berdampingan dengan counter pantry bar yang dapat dilengkapi microwave dan coffeemaker. Area pantry sendiri juga dilengkapi dua set meja makan yang menghadap ke arah taman belakang.
rumah kos
ruang tidur

Desain rumah kos bertema galeri ini memang dirancang untuk dapat secara maksimal dapat mengakomodir kebutuhan para penghuninya, sehingga penghuni merasa betah, selayaknya seperti mereka tinggal di sebuah rumah tinggal. Tak kurang kelengkapan fasilitas di ruang-ruang hunianpun dirancang dengan menyediakan furniture yang dilengkapi TV, lemari es, dan wifi. Maka desain rumah kos ini diharapkan tidak sekedar menciptakan rumah untuk tinggal sementara, tapi rumah yang nyaman sebagai tempat kediaman penghuninya.

rumah kos

rumah kos

rumah kos

rumah kos