Senin, 26 Agustus 2013

Pesona Warna Putih Pada Interior

Pesona Warna Putih pada Interior ruang dan Arsitektur 

Pesona Warna Putih pada Interior ruang dan Arsitektur  memang sudah teruji berabad-abad. Keberadaan warna putih dengan kesederhanaannya sudah menjadi bagian dari perjalanan panjang beragam gaya interior dan arsitektur. Warna putih juga sudah sekian lama menjadi bagian ataupun simbol-simbol kebudayaan dan keagamaan, warna putih dianggap mewakili unsur-unsur kesucian dan kemurnian. Dalam studi interior dan arsitektur, warna putih dengan karakternya yang netral sering digunakan sebagai warna dasar dalam pendekatan perencanaan ruang dan bangunan. Warna putih dianggap dapat memberikan gambaran akan kemurnian susunan suatu ruang maupun susunan suatu masa bangunan.

Pesona Warna Putih pada Interior
Casual Classic di desain rumah berwarna putih

Salahsatu efek  dari penggunaan warna putih pada interior ruang yang dapat segera dirasakan  adalah kesan terang dan bersih. Efek warna putih yang terdapat pada dinding-dinding ruang akan memberikan kesan lebih lapang. Ruang-ruang dengan dimensi yang terbatas, dapat terlihat lebih lebar dari ukuran sebenarnya. Ini yang kemudian menjadi salah satu alasan mengapa hampir sebagian besar orang memiliki kecendrungan untuk memilih  warna putih sebagai salah satu pilihan warna untuk cat ataupun material-material yang akan digunakan pada interior rumah maupun eksterior rumah. Hanya kekurangan dalam penggunaan warna putih pada interior ruang adalah mudah kotor, namun di satu sisi ini juga akan mempermudah terlihatnya kotoran-kotoran ataupun debu sehingga akan dapat segera dibersihkan.
warna putih pada Interior ruang
Garis-garis stream line di bangunan bergaya art deco ini mempertegas tampilan dari setiap masa yang berbentuk lengkung di bangunan ini, Gedung Isola, Bandung - Jawa Barat Indonesia

Penggunaan warna putih pada interior ruang juga lebih memudahkan kita untuk memadu padankan dengan warna-warna lain. Umumnya warna putih disini lebih bersifat sebagai dasar atau bingkai yang akan merangkum atau menyatukan dari beragam warna yang digunakan karena sifat warna putih yang lebih netral dibanding warna-warna lain.  Warna putih juga merupakan warna yang dapat tampil elegan, apalagi bila secara proporsional dikombinasikan dengan warna-warna lain. Dengan tampilan yang terang, warna putih juga memiliki kecendrungan untuk dapat memperlihatkan atau memperkuat karakter dari kwalitas permukaan atau tekstur suatu bahan, seperti dinding dengan tekstur kasar, bahan-bahan kain untuk furniture, bahan kayu, dan lain-lain.
warna putih pada Interior ruang
Rumah putih bergaya minimalist

Seperti juga dengan penggunaan warna putih pada interior ruang, warna putih pada arsitektur bangunan juga akan memperkuat karakter bangunan, karena warna putih yang bersifat terang akan lebih menegaskan efek terang- bayang, atau efek gelap-terang pada masa bangunan yang dihasilkan dari bertemunya cahaya sinar matahari dengan masa bangunan tersebut, hanya pada kasus tertentu dimana intensitas cahaya matahari sangat kuat, warna putih terkadang memberikan efek “overbright” atau terlalu terang dan menyilaukan. Sedangkan dalam ruang, selain memberikan efek menyilaukan, penggunaan warna putih juga dapat menghasilkan efek yang fragil, atau hampa.

Sebagai ide dan inspirasi dapat penulis sertakan beberapa desain yang menampilkan beragam Pesona Warna Putih pada Interior ruang dan Arsitektur dalam beragam gaya dekorasi maupun gaya interior dan arsitektur. Semoga Bermanfaat, dan sampai bertemu di artikel-artikel desain ruang rumahku berikutnya, terima kasih dan sampai jumpa…:)
warna putih pada arsitektur
Gedung Wisma Dharmala Sakti-2, Surabaya Jawa Timur - Indonesia. By Paul Rudolph
warna putih pada arsitektur
Rumah kos modern
warna putih pada Interior ruang
Coffee table dengan finising natural kayu menjadi aksen di antara dominasi warna-warna putih di ruang ini
warna putih pada Interior ruang
Suasana santai di ruang duduk dengan kombinasi warna putih dan beige