Sabtu, 10 Agustus 2013

Menempatkan Warna Aksen

Menempatkan Warna Aksen di Ruang Rumah Kita

Menempatkan warna aksen di ruang rumah kita merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menambah keindahan ruang, berikut elemen-elemen ruang yang berada di rumah kita. Keberadaan warna aksen yang selalu tampil beda dengan komposisi warna-warna  di sekitarnya akan lebih mempertegas dan memperkuat karakter desain ruang secara keseluruhan. Warna aksen sendiri biasanya merupakan warna yang digunakan diluar dari susunan komposisi warna utama yang digunakan, namun dapat pula berasal dari salah satu bagian warna dalam komposisi warna utama tapi dengan intensitas karakter yang lebih kuat. Warna aksen dapat berupa dalam golongan warna-warna panas, seperti warna merah, kuning, jingga, ataupun dengan menggunakan warna-warna dingin seperti, biru, atau ungu. Kita juga dapat memberi warna aksen dengan menggunakan beragam material, seperti karpet, wallpaper, stiker dekoratif, elemen-elemen dekoratif atau asesoris.

Selain bertujuan mempertegas atau memperkuat karakter ruang, menempatkan warna aksen di ruang rumah kita dapat menciptakan kesan yang tidak monoton dari susunan warna-warna yang ada dalam ruang. Warna aksen, walaupun hanya sebagai minor colour dalam ruang,  dapat memberikan efek yang besar terhadap susunan komposisi warna utama atau major colour dalam suatu ruang, dengan kata lain,  warna aksen dapat menjadi warna yang memberikan pengaruh dominan dalam ruang, artinya kualitas warna aksen yang digunakan cenderung lebih kuat dibanding dengan warna-warna utama yang digunakan dalam ruang.

Sebagai contoh menempatkan warna aksen di ruang rumah kita, dapat kita lihat  gambar ruang tamu di bawah ini, dalam menempatkan warna aksen dalam ruang tamu di bawah ini, komposisi warna utama ( major colour ) yang digunakan adalah warna-warna coklat, beige, abu-abu, putih, dan hitam, dimana masing-masing warna memiliki kekuatan intensitas warna yang tidak jauh berbeda, terkecuali warna hitam. Sedangkan warna kuning yang terdapat pada salah satu foto dan vas bunga adalah merupakan minor colour, karena secara kuantitas digunakan lebih sedikit dari warna lainnya. Warna kuning yang berada dalam ruang tamu ini merupakan warna aksen, warna kuning muncul secara kontras dibanding warna-warna lainnya, dalam hal ini intensitas dan kuantitas warnanya yang membuat keberadaan warna kuning ini menjadi sangat kontras dan terfokus, sehingga dapat menjadi titik perhatian ( point of interest ) dan daya tangkap (eye catching ) dalam ruang ini.
Menempatkan Warna Aksen
Aksen warna kuning di ruang tamu

Selanjutnya bagaimana jika kita menempatkan warna aksen dalam ruang tamu ini dengan menggunakan warna hitam yang ada dalam ruang tamu ini?, sedangkan warna kuning yang ada kita hilangkan, maka yang terlihat adalah, warna hitam menjadi lebih kontras dari warna-warna lainnya, namun intensitas warna hitam ini tidak sekuat warna kuning, warna hitam disini lebih memperkuat karakter ruang namun tidak menjadi eye catching, warna aksen hitam di sini lebih merupakan framing colour, mengikat dan memperkuat karakter warna-warna utama dalam ruang tamu ini.
Menempatkan Warna Aksen


Kemudian, dimana kita dapat menempatkan warna aksen di ruang  rumah kita? Warna aksen dapat kita tempatkan dimanapun dan pada obyek apapun. Kita dapat memberikan warna aksen pada elemen-elemen interior dan furniture yang ada di rumah kita, seperti sofa, armchair, kursi makan, meja makan, console table, dan sebagainya. Kemudian kita dapat menempatkan warna aksen pada elemen-elemen dekoratif, seperti lampu meja, vase, bunga, bahkan perlengkapan rumah tangga seperti perlengkapan makan, seperti piring, gelas dan sendok garpu dapat menjadi obyek yang menarik sebagai aksen. Bahkan elemen-elemen arsitektural atau bangunan, seperti jendela, pintu, atau plafon dapat menjadi alternatif untuk kita berikan warna aksen sesuai yang kita inginkan. Beberapa gambar desain ruang di bawah ini bisa menjadi inspirasi dalam menempatkan warna aksen di ruang rumah kita. Semoga Bermanfaat.
Menempatkan Warna Aksen
Warna aksen merah yang terdapat pada coffee table  berbentuk dadu menjadi point of interest.

Warna Aksen
Warna aksen pada bantal ini memperkuat nuansa warna ruang.

Warna Aksen
Ruang duduk menjadi lebih segar dan menarik dengan aksen warna biru pada furniturenya.

Warna Aksen Interior
Warna aksen merah pada sidetable bergaya oriental menjadikan ruang tamu kecil ini lebih semarak.

Warna Aksen

Menempatkan Warna Aksen
Aksen berwarna biru pada elemen dekoratif ruang

Warna Aksen

Menempatkan Warna Aksen

Menempatkan Warna Aksen
Warna pintu dapat menjadi alternarif sebagai warna aksen

Warna Aksen

Menempatkan Warna Aksen

Menempatkan Warna Aksen

Warna aksen di apartemen