Minggu, 25 Agustus 2013

Elemen Dekorasi Ruang



Niche Sebagai Elemen Dekorasi Penghias Ruang


Niche Dekorasi-Penghias-Dinding
Niche di Gereja Orsanmichele, Florence Itali

Niche-Dekorasi-Penghias-Dinding
Niche di Kuil Machu Picchu
Niche sebagai elemen dekorasi penghias ruang sudah dikenal di banyak peradaban kuno di dunia. Seperti pada peradaban Yunani, Romawa, bahkan juga ditemukan di kuil Machu Picchu, Peru. Kuil Bangsa Inca di abad ke-15. Niche tidak saja digunakan di dalam ruang, namun juga sebagai elemen dekorasi penghias dinding-dinding bangunan dengan hiasan patung di dalamnya..
Dalam arsitektur, pengertian niche adalah dinding relung, yaitu  bagian dinding yang menjorok ke dalam. Pada masa romawi, umumnya dinding-dinding relung di buat dalam bentuk setengah lingkaran, dan bagian atasnya berbentuk scallop,shell ( bentuk bagian dalam kerang ). Sementara disekelilingnya dihiasi oleh beragam motif. Pada masa Romawi, niche dibuat untuk menempatkan patung-patung  para tokoh di masa itu.
Niche sebagai elemen dekorasi penghias ruang kemudian juga banyak digunakan di tempat-tempat peribadatan seperti gereja, candi dan mesjid. Pada mesjid, niche umumnya dibuat dalam bentuk ruang sebagai tempat mihrab, kalaupun ada digunakan sebagai elemen dekorasi, tidak digunakan untuk menempatkan patung, melainkan dekorasi-dekorasi dalam bentuk kaligrafi. Niche/dinding relung juga akan banyak kita temukan pada situs-situs candi di tanah air.


Niche-Dekorasi-Penghias-Dinding
Niche Tomb of Raphael, Pantheon Roma, Itali
Niche-Dekorasi-Penghias-Dinding
Salah satu Niche di sisi utara Candi Sari, Jawa Tengah
Niche-Dekorasi-Penghias-Dinding
Niche yang berupa mihrab di Mesjid Sultan Qaboos di Oman
Pada masa sekarang, penggunaan niche sebagai elemen dekorasi penghias ruang masih tetap digunakan, hanya material dan obyek-obyek yang ditempatkan di dalamnya semakin beragam. Dinding relung ini juga berkembang dengan beragam fungsi, seperti untuk menempatkan TV, atau tempat buku yang terbuka. Niche juga menjadi sebuah solusi untuk memanfaatkan ruang-ruang kecil yang tersisa. Bentuk dan ukuran niche-pun sangat beragam tergantung pada penggunaannya.  

Dalam penggunaannya, dengan menempatkan warna atau karakter material yang berbeda atau kontras dan dibantu dengan pencahayaan yang terfokus, niche dapat menjadi point of interest maupun aksen di dalam penataan ruang. Di sisi lain, penggunaan niche dapat dilakukan secara berulang dengan jarak dan jumlah tertentu. Ini biasanya digunakan pada ruang-ruang yang luas dan ruang-ruang linear atau memanjang seperti koridor. Ini akan berguna untuk menghilangkan kesan monoton.

Beragam desain niche di bawah ini mudah-mudahan dapat menjadi ide dan inspirasi anda untuk membuat niche sebagai elemen dekorasi penghias ruang.
Dekorasi-Penghias-Dinding-Ruang
Niche dapat berfungsi untuk menempatkan TV

Dekorasi-Penghias-Dinding-Ruang
Niche dengan sederhana dan modern

Dekorasi-Penghias-Dinding-Ruang
Niche sebagai area penyimpanan

Elemen Dekorasi Dinding
Niche yang berfungsi sebagai tempat buku