Jumat, 20 Maret 2015

BOOKNITURE ,Desain Furniture Praktis Dan Multifungsi.

Desain Furniture Multifungsi, Cocok Untuk Apartemen, Rumah Susun dan Rumah Kecil.


Mike Mak, Sang Desainer BOOKNITURE.

desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-001

desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-002
Benar-benar FURNITURE PRAKTIS!! Desain furniture multifungsi BOOKNITURE ini sangat cocok untuk mengatasi permasalahan keterbatasan ruang yang sempit, seperti ruang-ruang di apartemen,  rumah kecil ataupun untuk di rumah susun. Desain Bookniture merupakan inovasi baru hasil kreativitas desainer muda dari Hongkong, Mike Mak, desainer lulusan Hong Kong Polytechnic University School of design dan BA Industrial Design, yang juga memenangkan The 2013 Hong Kong Young Talent Designer. Dalam websitenya Mike Mak mengatakan :

desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-013

bookniture-desainer-produk-Mike Mak
"As a designer based in one of the most densely populated city, living and working space here is extremely limited. Everybody would love to (and have to) utilize their home and make good use of every inch of the space … I love having friends at my place, but have never had enough seats for everyone. My guests and I would always end up just sitting on the floor. I really wanted a kind of seat that doesn’t take up any floor space when I don’t need it."


Ide dan Konsep Desain BOOKNITURE.


desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-003
Konsep desain furniture praktis dan multifungsi BOOKNITURE yang dirancang oleh Mike Mak didasarkan pada ide struktur lipatan-lipatan seni kertas origami dari Jepang yang dikombinasi dengan desain book binding, dimana desain ini dapat difungsikan pada beragam aktivitas, namun dapat dikemas dan disimpan dengan kebutuhan luas ruang yang sangat minim. Para pengguna bookfurniture pun dapat mengkombinasikan  atau menggunakan beberapa bookniture untuk berbagai aktivitas mereka, dan dapat menyimpannya dengan cara dilipat seperti sebuah bookbinding. Ini akan memungkinkan desain furniture bookniture dapat disimpan hanya pada sebuah rak buku!

BOOKNITURE, Desain Furniture Multifungsi. 


desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-004
Beragam aktivitas dapat dilakukan dengan menggunakan satu atau beberapa furniture yang praktis dan minimalis ini. Bookniture dapat digunakan sebagai meja nahkas di samping tempat tidur, tempat duduk berikut meja kecil untuk makan atau bekerja. Untuk beberapa aktivitas ini, penggunaan bookniture dapat disupport oleh sebuah plywood yang terbungkus oleh bahan kain. Para pengguna bookniture pun tidak perlu repot memikirkan tempat penyimpanannya. Berberapa Bookniture dapat disimpan atau diletakkan hanya dengan ditumpuk, seperti layaknya tumpukan beberapa map, atau juga dapat disimpan pada sebuah rak buku ataupun pada sebuah kotak container. Pengguna juga dapat memilih salah satu atau beberapa dari bookniture untuk dibawa ke tempat kerja, kuliah, ataupun untuk berpiknik. Sangat praktis bukan?

desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-005

Cocok Untuk Furniture Apartemen, Rumah Susun dan Rumah Tipe Kecil.


desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-006
Mengingat desain produk furniture ini sangat praktis dan multifungsi, dengan ukuran yang juga tidak terlalu besar, menjadikan desain ini dapat menjadi sebuah alternatif atau sebuah solusi dari permasalahan-permasalahan keterbatasan ruang pada tempat-tempat tinggal dengan luasan yang sangat terbatas, terutama sekali di kota-kota besar yang padat, seperti ruang apartemen, rumah tinggal yang kecil, ataupun rumah susun. Desain multifungsi yang kompak dengan kemampuan mobilisasi yang tinggi ini akan memberikan banyak kemudahan bagi para pengguna yang memiliki tempat tinggal dengan luasan ruang yang sangat terbatas. Tempat penyimpanan di rumah menjadi lebih simpel. Memungkinkan setiap penghuni rumah dapat memiliki perlengkapannya masing-masing, seperti meja dan kursi tanpa harus pusing memikirkan besaran dimensi furniture maupun ruang untuk penempatannya.

Desain furniture inipun memberikan solusi  bagi para pengguna yang mungkin masih harus menyewa rumah ataupun ruang untuk tinggal, dimana kebutuhan furniture memang sangat diperlukan namun tidak membutuhkan ruang yang terlalu besar, dan jumlah furniture yang banyak yang tentunya akan mengambil luasan ruang terlalu besar, artinya pengguna furniture ini dapat memilih tempat tinggal sewa yang tidak terlalu besar dan lebih murah, tanpa harus memikirkan besaran luas ruang sewa yang minim.

Desain Produk BOOKNITURE, Sebuah Solusi.


desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-008
Sebagaimana layaknya kreasi atau hasil karya sebuah desain yang selalu memberikan solusi. Solusi desain pada akhirnya akan selalu mencairkan beragam permasalahan-permasalahan yang timbul dari tuntutan beragam aktivitas dan kebutuhan yang harus dipenuhi, dan produk-produk seni terapan / desain memang harus tampil tidak semata-mata sebagai produk yang mengusung keindahan estetika, namun lebih dari itu, sebuah desain produk harus memberikan sebuah solusi yang memberikan kemudahan,keamanan dan kenyamanan kepada para penggunanya.

Proses desain memang merupakan sebuah proses penyederhanaan bentuk dan fungsi. Desain selalu tampil dengan hasil dan wujud yang sederhana namun menakjubkan. Ya, Menakjubkan! karena sebuah hasil desain, dibalik kesederhanaan wujudnya, selalu mengemban tugas dan fungsi-fungsi yang lahir dari pencarian sebuah solusi terhadap beragam permasalahan-permasalahan aktivitas dengan kebutuhan yang sangat kompleks, dan selalu berkembang dari waktu ke waktu.
desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-009

Demikian pula dengan desain furniture praktis dan multifungsi BOOKNITURE dari Mike Mak ini, lahir sebagai sebuah solusi desain atau jawaban dari beragam persoalan akan semakin terbatasnya ketersediaan ruang untuk beraktivitas yang dapat disebabkan oleh banyak hal seperti, semakin mahalnya harga lahan yang cenderung terus melambung, kepadatan jumlah penduduk, keterbatasan daya beli dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal dan lain-lain. Maka desain furniture multifungsi dapat menjadi alternatif dan memberikan solusi dalam upaya memenuhi dan memanfaatkan ruang pada tempat-tinggal dengan luasan yang terbatas, seperti,  apartemen, rumah susun dan rumah kecil. Baca juga inovasi desain furniture dari bahan dasar karton.

desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-010
desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-011
desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-012
desain-produk-furniture-multifungsi-bookniture-apartemen-rumah-tipe-kecil-rumah-susun-013

Article Source and Image Photos Courtesy : bookniture.com