Rabu, 18 Maret 2015

Desain Rumah Minimalis Di Sudut Jalan.

Membangun Rumah Di Lahan Sempit  Ala Yoritaka Hayashi.

membangun-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka hayashi-ruang dan rumahku-001

membangun-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka hayashi-ruang dan rumahku-002
Berada di daerah pusat kota Tokyo, daerah Nakameguro, sebuah rumah minimalis di sudut jalan yang terdiri dari empat lantai, berdiri di atas kavling tanah yang tidak begitu luas, sekitar 40,01 m2, dengan total luas lantai 99,80 m2. Kombinasi fasad rumah yang berwarna putih dan kaca-kaca buram yang tampil mengitari di sekelilingnya, menjadikan bangunanrumah tinggal ini tampil berbeda dengan bangunan-bangunan rumah lainnya. Bangunan-bangunan rumah disekeliling rumah ini memang tampil dengan warna fasad yang lebih gelap. Terlebih lagi dengan adanya warna vibrant berwarna biru dari sebuah tangga apartemen yang berada di belakang rumah ini, sangat kontras dengan fasad putih rumah ini. Menjadikan rumah ini tampil lebih tegas dibandingkan bangunan rumah lainnya.


Seperti bangunan-bangunan rumah di sekelilingnya, desain rumah minimalis ini juga didesain secara vertikal atau bertingkat, ini memang satu-satunya jalan yang harus ditempuh Yoritaka Hayashi, arsitek yang mendesain rumah ini, guna memenuhi kebutuhan ruang yang ingin dicapai. Mendesain bangunan-bangunan rumah di atas lahan sempit di kota-kota besar di Jepang memang sudah menjadi permasalahan desain yang sering dihadapi oleh arsitek-arsitek Jepang, seperti Yoritaka Hayashi yang dipercaya menangani desain rumah ini, dan  Tokyo memang termasuk kota-kota besar yang terpadat di Jepang. Dengan harga tanah yang memang terbilang sangat mahal membuat banyak warganya lebih memilih membeli atau membangun rumah di lahan sempit dan mengembangkannya secara vertikal atau bertingkat.

membangun-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka hayashi-ruang dan rumahku-003

Yoritaka Hayashi mengalokasikan  tiga level lantai pada massa bangunan utama pada desain rumah tinggal ini, dan menambah satu massa bangunan yang lebih kecil di lantai tiga. Ruang-ruang yang menempati lantai tiga ini adalah, ruang study, ruang cuci, kamar mandi dan teras terbuka. Di lantai dua adalah dua buah ruangtidur dan satu ruang toilet, sementara di lantai satu, ruang duduk, gudang kecil dan dapur berikut pantry, kemudian untuk lantai dasar difungsikan sebagai kantor atau studio kecil dan area carport.

Yoritaka Hayashi mendesain dengan kompak dalam upaya memaksimalkan luas rumah di lahan sempit ini. Penempatan tangga sebagai penghubung vertikal ke setiap lantai ditempatkan pada dinding pembatas kavling, ini akan menghasilkan jalur sirkulasi penghuni ke setiap lantai tetap terikat menjadi satu zona dengan area tangga, sehingga luasan dan penataan ruang demi ruang di setiap lantai dapat terolah lebih maksimal. Ruang-ruang bawah tangga-pun difungsikan untuk menempatkan gudang-gudang kecil sebagai tempat penyimpanan, sehingga tidak ada sedikitpun ruang terbuang.

membangun-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka hayashi-ruang dan rumahku-004

membangun-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka hayashi-ruang dan rumahku-006
Dengan dimensi bangunan rumah yang kecil, interior rumah minimalis ini terkesan sangat luas dan lengang,  ini sebuah hasil dari perpaduan warna dinding putih, finishing bahan plywood dari furniture-furniture yang didesain sangat kompak, serta didukung oleh keberadaan kaca-kaca bangunan rumah yang menghantarkan pencahayaan alami masuk ke sebagian besar ruang-ruang utama, yang tentu saja akan menghemat energi akan kebutuhan pencahayaan di siang hari. Selain itu, kaca sebagai elemen transparan pada desain fasad rumah ini juga memberikan efek pencahayaan yang menarik di malam hari pada fasad bangunan rumah ini, sekaligus mempertegas keberadaan tiga level lantai yang berada di massa bangunan utamanya.

Sementara garis-garis horisontal pada bidang masif berwarna putih di fasad bangunan rumah, memberikan keseimbangan yang harmonis terhadap skala ketinggian bangunan rumah ini, dan Yoritaka Hayashi menyelesaikan skala ketinggian dari desain rumah ini dengan garis-garis vertikal pada massa bangunan yang lebih kecil di lantai tiga sebagai sebuah adaptasi dari massa bangunan rumah ini agar selaras dengan massa bangunan apartemen yang berada di belakangnya.

membangun-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka hayashi-ruang dan rumahku-005
Desain rumah minimalis di sudut jalan ini tampil dengan desain yang sederhana, hanya berupa sebuah bidang kotak, namun sangat kompak dan menarik. Desain fasad rumah ini mencoba untuk bersinergi dengan lingkungan sekitar dan massa-massa bangunan yang sudah ada, sementara warna putih pada desain fasad rumah ini menjadi elemen warna bangunan yang menjadikan satu kesatuan desain dari tampak luar bangunan rumah dengan elemen-elemen interior di dalamnya. Sebuah proses dan totalitas desain yang maksimal dalam membangun rumah di lahan sempit ala Yoritaka Hayashi, dan menjadikan rumah ini sebuah rumah idaman bagi penghuninya.

membangun-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka hayashi-ruang dan rumahku-007

membangun-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka hayashi-ruang dan rumahku-008

membangun-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka hayashi-ruang dan rumahku-009

membangun-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka hayashi-ruang dan rumahku-010

membangun-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka hayashi-ruang dan rumahku-011

membangun-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka hayashi-ruang dan rumahku-012

denah-rumah-lantai-dasar-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka-hayashi-ruang-dan-rumahku-001
Denah rumah - Lantai dasar
denah-rumah-lantai-satu-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka-hayashi-ruang-dan-rumahku-002
Denah rumah - Lantai satu


denah-rumah-lantai-satu-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka-hayashi-ruang-dan-rumahku-002
Denah rumah - Lantai dua

denah-rumah-lantai-tiga-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka-hayashi-ruang-dan-rumahku-003
Denah rumah - Lantai tiga
axonometri rumah-desain-bangunan-rumah-tinggal-minimalis-lahan-sempit-yoritaka-hayashi-ruang-dan-rumahku-004
axonometri rumah - Lantai dasar

Architects: Yoritaka Hayashi Architects
Collaborators: Akira Suzuki / ASA (Structural Engineer) , Takasou Takahashi / SESSE-Design (Fa├žade Consultant)
Source  :  archDaily
Image Photos Courtesy : Takumi Ota