Sabtu, 21 Maret 2015

Dari Garasi Menjadi Rumah Tinggal

Desain Interior Rumah Modern Yang Berawal Dari Garasi Tua.

Berawal Dari Garasi Tua.

desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-002

desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-001
Jérémie Buchholtz  akhirnya dapat menempati rumah barunya, sebuah rumah modern yang berawal dari garasi tua. Jérémie Buchholtz dibantu bersama temannya, Matthieu de Marien  yang juga seorang arsitek, bersama-sama merencanakan untuk merenovasi garasi tua ini untuk menjadi rumah tinggalnya yang baru. Jérémie Buchholtz memang sempat mencari apartemen sederhana dan murah di Paris yang mungkin dapat ia beli. Namun tak satupun apartemen yang sesuai dengan dana yang ia sediakan, sehingga ia mengalihkan pencariannya ke kota Bordeaux.  Alhasil sebuah garasi tua di kota Bordeaux yang memang sudah lama tidak digunakan ini, ia beli dan berharap dengan sedikit sentuhan dan kepandaian temannya yang seorang arsitek, garasi tua ini dapat menjadi rumah tinggal yang nyaman baginya.

Desain Atap Kaca dan Zona Privasi. 

desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-001a
Secara struktur bangunan garasi ini memang masih kokoh, sehingga Matthieu tidak perlu melakukan banyak perubahan pada fisik bangunan garasi ini, terkecuali pada sebagian atap bangunan, Matthieu menggantinya dengan bahan kaca pada atap yang berada tepat di atas area teras. Hal ini dilakukan agar pencahayaan alami dapat tetap masuk ke dalam ruang walaupun pintu utama yang berupa pintu geser terbuat dari kayu pinus dalam keadaan tertutup, sekaligus kehadiran desain atap dari kaca ini juga memungkinkan zona privasi pada desain rumah ini tidak berkurang, mengingat tidak adanya area transisi antara bangunan rumah dengan badan jalan. Teras pun  dapat menjadi area terbuka atau area transisi ketika pintu utama dibuka, dan penghunipun dapat menikmati cahaya alami ataupun pemandangan langit pada saat pintu tertutup, dan ruang dalam pun tetap terkesan luas. Sedangkan tampilan fasad rumah ini didominasi oleh warna kayu natural dari bahan kayu pinus.

Desain Rumah Yang Kompak.

desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-004

desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-003
Sebuah desain rumah tinggal yang kompak tujuan utama yang harus dicapai oleh Jérémie Buchholtz dan Matthieu de Marien dalam mendesain ruang dalam rumah ini. Dinding pembatas eksisting yang membagi dua ruang dalam rumah ini dibongkar dan sebagian diganti dengan pintu geser dengan bahan kaca, membagi zona menjadi ruang makan berikut dapur, area teras, serta area duduk dan ruang kerja. Sementara sebuah bentuk kubus didesain untuk memenuhi kebutuhan area duduk /sofa dan ruang kerja, dressing area, kamar mandi , serta area tangga untuk ke ruang tidur yang berada di atas kubus ( loft area ).

desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-005
Keberadaan massa kubus di dalam rumah seakan menjadi sebuah rumah di dalam ruang yang juga merupakan kunci untuk memenuhi kebutuhan ruang di rumah ini. Massa kubus ini dapat mengakomodir kebutuhan tempat untuk lima aktivitas sekaligus, mulai dari area duduk, area kerja, area ganti ( dressing area ) berupa lemari pakaian dengan tiga pintu, kamar mandi, dan terakhir ruang tidur. Sebuah solusi desain yang menghasilkan desain rumah yang kompak. Sangat efisien dan praktis. Penataan ruang tidurpun terkesan menyenangkan dan tidak sempit. Posisi tempat tidur dihadapkan pada level tertinggi atap, menjadikan sirkulasi di area tidur tidak terganggu oleh ketinggian atap.

desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-006

Interior Rumah Modern. 

Tampilan desain interior rumah modern dengan nuansa warna putih yang dominan menjadi pilihan bagi Jérémie Buchholtz dan Matthieu de Marien. Suasana terang, lengang, bersih, serta terkesan luas dan nyaman,  sementara massa berbentuk kubus difinish berwarna coklat, menjadi sebuah aksen tersendiri dalam ruang rumah ini, serta menghasilkan suasana yang lebih “warm”, sedangkan lantai tetap dibiarkan dengan material dasarnya yang berwarna abu-abu semen, berpadu dengan warna putih, menjadi kombinasi yang harmonis bagi elemen-elemen furniture di dalamnya, menghasilkan tampilan desain ruang yang menarik dari desain interior rumah modern yang berawal dari garasi tua

desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-007
desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-008
desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-009
desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-011
desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-012
desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-010
desain-interior-rumah-tinggal-modern-berawal dari-garasi-tua-013


Source & Image Photos : tinyhousefor.us, apartmenttherapy.com